Kamis, 17 Maret 2011

Ini Menyangkut Amanah..


Memang tak mudah untuk menyampaikan/menjalankan sebuah amanah, tapi agama-ku "islam" mengajarkan pemeluk-nya untuk bersikap jujur (termasuk menyampaikan/menjaga/menjalankan amanah yang dititipkan pada-nya). Hal inilah yang kucoba jalani. Menjadi guru disebuah SMA yang baru berdiri (baru memiliki siswa tingkat pertama ; kelas X yang terdiri dari 2 kelas ; adam dan hawa) tentunya memiliki tanggung jawab tersendiri. Hal ini menyangkut "perekrutan siswa baru".

Maka untuk itu, dibentuklah tim yang terdiri dari beberapa bidang & kami (aku & rekan-rekan) ditempatkan pada bidang-bidang tersebut. Aku dapat bagian di bidang "Humas" yang kerjaannya banyak di lapangan. Umumnya, laki-laki yang banyak ditempatkan untuk tugas di lapangan, tapi karena terbatasnya jumlah laki-laki maka akhirnya dipilihlah perempuan untuk membantu dibidang tersebut.

Hari ini (kamis ; 17 Maret 2011) aku mendapatkan tugas mengantarkan 4 surat undangan try out & brosur ke 4 sekolah yang letaknya berjauhan & belum kuketahui persis letaknya (karena belum pernah kesana sebelumnya). Walaupun baru 8 bulan berada dikota ini, bukan berarti itu menjadi alasan-ku untuk menolak "amanah" ini.

Akhirnya aku berangkat menuju satu SMP ke SMP yang lain. Subhanallah,,ternyata letak SMP yang kudatangi memang jauh ditambah jalan yang kulalui juga dilewati oleh bus & truk yang berukuran besar dengan debu & asap yang bertebangan cukup tebal. Aku melewati jalan tersebut dengan motor-ku.

Aku bersyukur bisa selamat (karena perlindungan Allah SWT) selama perjalanan pulang pergi yang menurut-ku berjarak 35 sampai 40 km. Bagiku, perjalanan ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

Setelah perjalanan yang cukup jauh & lama, aku kembali ke sekolah dengan wajah tampak letih & tak ceria. Ternyata rekan-rekan (sesama mengajar di SMA) melihat hal tersebut dan menanggapi dari sisi yang "tak menyenangkan". Bahkan salah seorang dari rekan tersebut berkata "kalau tahu kondisi perjalanan yang kutempuh cukup berat, mengapa aku tetap pergi juga" & aku jawab "tanggung, karena aku juga sudah terlanjur berada ditengah perjalanan". Bagiku "tak ingin menyerah sebelum sampai tujuan". Lagi pula, siapa lagi yang mau mengantarkan surat & brosur ke SMP yang dituju.

Ya, ini menyangkut amanah ! yang jika aku dipilih untuk menyampaikannya, maka insya Allah akan aku sampaikan. Jika ini dikaitkan dengan ke-ikhlasan, maka cukup Allah SWT yang Maha Tahu ikhlas/tidak-nya aku. Aku tidak terlalu peduli dengan penilaian orang terhadap apa yang kulakukan, selama tujuan & niat-ku jelas serta tidak mengusik orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar